STUDY EXCURSIE 2013

Selasa (1/10) lalu, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Mulawarman (HMTI UNMUL) yang didampingi salah satu Dosen Fakultas Teknik, melakukan kegiatan Study Excursie 2013 ke beberapa daerah di Pulau Jawa yaitu  Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya. Kegiatan dimulai di Jakarta saat rombongan mahasiswa HMTI tiba di Jakarta dan mengunjungi Studio Trans 7 Hitam Putih di kawasan Hanggar untuk melihat secara langsung proses pembuatan atau pengambilan gambar sebuah acara variety show. Setelah melihat secara langsung bagaimana proses pengambilan gambar di Studio Trans 7, keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi PT. Coca Cola Amatil Indonesia West Java Region yang terletak di daerah Bekasi. Disini rombongan dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan minuman botol yang diproduksi mulai dari proses blowing dan mencetak botol, pengisian air minum, hingga proses pengepakan sebelum produk-produk tersebut didistribusikan ke seluruh Indonesia. Setelah menyelesaikan kunjungan dari PT. Coca Cola Amatil, kegiatan selanjutnya adalah kunjungan ke Universitas Bakrie. Di Universitas Bakrie (UB), kawan-kawan mahasiswa HMTI UNMUL merasa sangat terkesan sekali atas sambutan luar biasa yang telah disiapkan oleh HMTI UB yang diketuai oleh Arie Trifiantie dan dari Program Studi yang sangat mendukung kegiatan ini. Disini dilakukan sharing pengalaman dan program kerja apa saja yang sudah dikerjakan oleh masing-masing himpunan dan hal ini merupakan batu loncatan untuk kerja sama antarhimpunan di masa mendatang.

Pada hari Kamis (3/10), rombongan HMTI UNMUL tiba di Bandung dan melakukan kunjungan berikutnya ke Pabrik C59. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pembuatan kaos mulai dari menggambar desain hingga kaos tersebut siap dikirim ke konsumer dan dijual kepada konsumennya. Di C59 ini, rombongan HMTI disambut dengan baik oleh founder sekaligus owner dari C59 yang biasa disapa Pak Wiwid. Beliau sempat bercerita tentang bagaimana beliau bisa menjadikan C59 menjadi seperti sekarang dan memotivasi kawan-kawan mahasiswa untuk dapat lebih kreatif dan inovatif lagi dalam berwirausaha. Setelah berkeliling di Pabrik C59, keesokan harinya rombongan mahasiswa HMTI UNMUL menuju tempat kunjungan selanjutnya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Di ITB, kami disambut oleh salah satu dosen Teknik Industri dan ketua HMTI ITB, Handy Aulia Fathony, serta beberapa teman-teman dari HMTI ITB. Disini HMTI Fakultas Teknik Unmul belajar tentang kesuksesan ITB mulai dari sisi akademik hingga organisasi mahasiswanya.

Kunjungan Study Excursie 2013 yang terakhir adalah kunjungan ke Pabrik Bakpia Djava yang berada di Jogjakarta. Beberapa mahasiswa sangat antusias saat Mba Ninies, karyawan yang berwewenang dalam kegiatan kunjungan, mempersilahkan untuk melihat pembuatan bakpia secara langsung. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama segenap karyawan Bakpia Djava. Serangkaian kegiatan Study Excursie 2013 ini berlangsung dengan sangat lancar dan memberikan hasil yang memuaskan untuk para mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut ke depannya dan pelajaran yang didapat dapat direalisasikan di kehidupan sehari-hari. Sampai jumpa di Study Excursie berikutnya.

4 komentar :

  1. saran: kalian muda dan berwarna jadi sebaiknya web HMTI pun menjadi muda dan berwarna (cerah), kurang tampilan foto biar makin menarik, mungkin bisa ajak teman lebih dari 1 orang atau buat divisi komunikasi biar update webnya se update tweetnya :). Maaf bila agak frontal.

    Salam Unity. go industrial!

    BalasHapus
  2. terima kasih sarannya bang/mba masih newbie ini dalam hal blog hehehe

    BalasHapus
  3. ni blog ku editanx masi blum jelas males g kuurus soalx
    http://smd48.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. masukan bim
    1. kombinasikan komentar dengan facebook coment biar mudah sulit pake google accunt
    2. daftar di berbagai ping google,yahoo. etc supaya mudah di temukan di pencarian
    contoh : http://bloggerpeer.blogspot.com/2012/08/cara-agar-blog-cepat-terindex-google-yahoo-bing.html
    3. foto dan penjelasan dokumentasinya ditambah mantap
    4.buat toolbar yang berkotak yang isix home dll kya di blog ku
    5. daftar charpango bagus buat comentar
    6. kasi ulasan-2 software juga menarik seperti software industri etc
    7. proker2 yg lain selain iff
    8. penyajian foto jgn di bertumpuk dibawah g jdi fokus
    9. buat link download software freeware aja bagus nambahi pengunjung
    10. yang paling penting JANGAN KERJA SENDIRI PASTI PUSING departemen mu coba bantu update n goodluck

    BalasHapus

Pages