Seminar Praktikum Industri (SPI) 2013


Ketua Panitia, Dodi Nurwidiyanto membuka acara
Seminar Praktikum Industri (SPI)
Hari pertama, Seminar praktikum industri (SPI) dengan tema “meningkatkan kemampuan keteknikan dan hubungan civitas akademika mahasiswa teknik industry unmul” bertempat dikelas besar Fakultas Teknik Universitas Mulawarman diawali dengan sambutan oleh ketua panitia SPI, Dodi Nurwidiyanto dari angkatan 2011. SPI yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 februari 2013  dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua HMTI periode 2012 – 2013, M. yuda ananta dan selanjutnya dibuka secara resmi oleh ketua program studi teknik Industri unmul yaitu bapak Dutho utomo. Dalam sambutannya beliau berpesan agar disamping menunjang IP yang tinggi harus diimbangi oleh pebentukan karakteristik yang baik agar bias bersaing di dunia kerja.
Bang Memed menyampaikan materi APK
Hari pertama Seminar Praktikum Industri akan disampaikan dua materi yaitu materi analisis perancangan kerja (APK) dan materi ergonomic. Materi pertama yang disajikan pada seminar praktikum industry adalah praktikum Analisis Perancangan Kerja (APK) yang di sampaikan oleh Ari Dwi Martanto (biasa dipanggil memed) dari angkatan 2009. Analisis perancangan kerja merupakan mata kuliah yang akan dihadapi pada smester 4. APK sndiri adalah ilmu yg mempelajari teknik-teknik pada suatu kerja yang mana dari mempelajari teknik tersebut kta akan mendapatkan suatu rancangan system kerja yang terbaik. Praktikum APK sendiri adalah penerapan  dari teori mata kuliah apk. Praktikum ini membahas lingkungan fisik, work sampling, speed rating, peta kerja, dan pengukuran kerja secara tidak langsung.
Materi Selanjutnya adalah praktikum ergonomi yang langsung disampaikan oleh ketua HMTI M.Yuda ananta. Ergonomic merupakan ilmu yang menggali dan mengaplikasikan informasi mengenai perilaku manusia lainnya untuk merancang peralatan, mesin, system, pekerjaan dan lingkungan untuk meningkatkan produktivitas, keselamatan, kenyamanan dan efektivitas pekerjaan manusia.
Hari pertama Seminar Praktikum Industri yang dimulai pukul 14.00 – 17.00 ini dihadiri oleh 80 mahasiswa teknik industry dari angkatan 2009 – 2012. Dengan mengikuti seminar ini diharapkan mahasiswa teknik industry siap untuk menghadapi praktikum – praktikum yang ada.



Galeri SPI





















Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Pages