Program Pengkaderan Teknik Industri (PROPERTI) X

Sabtu (9/11) lalu, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Universitas Mulawarman dengan didampingi oleh salah satu dosen Teknik Industri Pak Willy Tambunan S.T. M.T., melakukan kegiatan Program Pengkaderan Teknik Industri ke-X (PROPERTI X), PROPERTI sendiri merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh HMTI untuk menghimpun dan merangkul mahasiswa baru yang akan tergabung dalam HMTI, dimana HMTI merupakan rumah bagi para mahasiswa Teknik Industri sedangkan PROPERTI ini sendiri merupakan pintu masuk ke dalam HMTI dan merupakan proses kegiatan kaderisasi jangka pendek, kami berusaha untuk menyiapkan mental adik-adik kami sebelum pada akhirnya mereka akan menemui proses kaderisasi secara berkala dan berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 9-10 November 2013.
PROPERTI X kali ini diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari 22 orang wanita dan 22 orang pria, tujuan dari PROPERTI X tahun ini yaitu membentuk karakter kader yang bermental kuat guna menumbuhkan rasa cinta terhadap HMTI, Menggali potensi dan mengembangkan jiwa kepemimpinan, mempertebal rasa persaudaraan dan keakraban diantara mahasiswa Teknik Industri, meningkatkan potensi berorganisasi dikalangan mahasiswa Teknik Industri, mengenalkan jiwa dan pola pikir keteknik industrian melalui aplikasi teknis pengkaderan. Dengan tujuan tersebut penyelenggara mengambil tema “Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan dan Kesadaranakan akan Kebersamaan Guna Menumbuhkan Kecintaan terhadap HMTI”

 Kegiatan dimulai di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, ada beberapa materi yang disampaikan oleh HMTI kepada adik-adik mahasiswa baru, antaralain, wawasan mengenai Teknik Industri yang disampaikan oleh Bapak Wahyuda S.T M.T. selaku dosen pengajar Program studi Teknik Industri UNMUL, pengenalan HMTI yang disampaikan oleh Nurochman Bagus Pribadi selaku Ketua HMTI periode 2013-2014, manajemen kepanitiaan yang disampaikan oleh Muhammad Yuda Ananta selaku mantan ketua HMTI periode 2012-2013, kepemimpinan yang disampaikan oleh Agil Primananda selaku mantan ketua HMTI periode 2011-2012, manajemen organisasi yang disampaikan oleh Dede Yusuf selaku mantan ketua HMTI periode 2010-2011, serta motivasi mahasiswa yang disampaikan oleh Felanans G.Y Mustari selaku mantan ketua HMTI periode 2005-2006 sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni Teknik Industri Universitas Mulawarman (IKATI UNMUL). Selain pemberian materi mahasiswa baru juga mendapatkan games industri, dimana mahasiswa baru dituntut untuk membuat sebuah produk dengan waktu dan bahan yang sudah ditentukan, setelah itu mereka diharuskan untuk menjual produk yang sudah mereka buat kepada kakak tingkat. Harga yang diberikan akan disesuaikan dengan produk yang sudah dibuat dalam hal ini penyelenggara berharap adik-adik mahasiswa baru dapat berfikir cepat dan kritis, dapat membuat produk dengan bahan ekonomis namun berdaya jual tinggi, dapat melakukan negosiasi dengan kakak tingkat sehingga menambah kedekatan dan keakraban, serta games ini merupakan aplikasi dari matakuliah proses produksi di semester tiga dan perencanaan, pengembangan produk pada semester lima, serta kewirausahaan pada semester tujuh. Setelah itu acara dilanjutkan di Kebun Raya UNMUL Samarinda (KRUS), dimana adik-adik mahasiswa baru diperkenalkan pada kondisi luar kampus yang dimana diharapkan adik-adik mahasiswa baru mampu beradaptasi, belajar, serta peka pada lingkungan sekitar. Acara selanjutnya yaitu sharing alumni, panitia menghadirkan IKATI UNMUL (Ikatan Alumni Teknik Industri Universitas Mulawarman)  dimana IKATI UNMUL sendiri terdiri dari kumpulan para alumni Teknik Industri Universitas Mulawarman yang sudah bekerja pada perusahaan-perusahaan tertentu, panitia berharap dengan begini adik-adik mahasiswa baru memiliki gambaran serta tujuan akan kemana kedepannya setelah lulus dari Teknik Industri, pada kegiatan ini juga panitia mengharapkan para alumni dapat memberikan motivasi serta masukan terhadap adik-adik mahasiswa baru. Dan puncak acara terjadi pada dini hari pukul 04.00 WITA dimana ada prosesi api unggun dan renungan yang dilakukan secara sakral untuk mengukuhkan anggota baru HMTI.

Minggu (10/11) hari berikutnya mungkin merupakan hari yang lumayan santai bagi peserta karena pada hari ini penyelenggara hanya memberikan kegiatan bersenang-senang seperti outbond, outbond kali ini melibatkan panitia sehingga panitia dan peserta bisa bersatu dalam setiap permainan, dapat meningkatkan kerjasama, keakraban serta solidaritas antara peserta dengan panitia. Namun tanpa mengurangi esensi yang ingin di capai panitia juga menyediakan Industrial Study yang merupakan studi kasus yang diberikan oleh panitia penyelenggara, peserta dituntut untuk melakukanan alisis mengenai KRUS, apa yang salah di KRUS sehingga menyebabkan tempat itu sendiri tidak menarik untuk diminati pengunjung terutama mahasiswa UNMUL sendiri, sedangkan KRUS ini sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola oleh Universitas Mulawarman, para peserta mencari masalah apa yang terjadi dan mencari cara untuk menyelesaikan, kemudian dipresentasikan dan diperdebatkan hal manakah yang paling urgent untuk di perbaiki terlebih dahulu, dalam hal ini panitia penyelenggara berharap peserta dapat berfikir kritis, peka terhadap masalah yang ada, bias mencari solusi dari masalah yang ada, dan ini merupakan pengaplikasian matakuliah manajemen jasa dan manajemen strategi yang merupakan matakuliah pilihan disemester 7.

Kami berharap dengan adanya pengkaderan ini, paling tidak kami bisa mengajarkan serta mengenalkan secara perlahan-lahan mengenai Teknik Industri serta Himpunan yang bergerak dalam bidangak ademik Teknik Industri yaitu HMTI demi menopang kebutuhan mahasiswa. Dengan pemaparan diatas dapat diketahui bahwa serangkaian kegiatan PROPERTI X telah berjalan dengan lancar, sesuai rencana, dan berjalan sesuai apa yang diharapkan oleh semua pihak. Kami berharap apa yang kami lakukan tidak berhenti sampai disini masih banyak perjuangan yang akan kami hadapi, semoga hal sederhana ini sudah mampu membuka pikiran serta membantu adik-adik kami untuk kedepannya. Salam UNITY.









Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Pages