STIMTI X


Studi Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri (STIMTI) merupakan salah satu program kerja dari departemen Hubungan Luar, Sosial, dan Kemasyarakatan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Unmul (HMTI). Dimana kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. STIMTI kali ini dilaksanakan di kota Balikpapan selama 2 hari dari tanggal 17-18 Februari 2014 dengan perusahaan yang dituju yaitu PT. Pertamina dan Kaltim Post selain itu juga menyempatkan berkunjung ke Balikpapan TV bersama dosen pendamping sekaligus pembimbing Bapak Dutho Suh Utomo, S.T., M.T selaku Ketua Program Studi S1 Teknik Industri Unmul.



STIMTI X PERTAMINA RU-5 BALIKPAPAN

Pada hari Senin, tanggal 17 Februari peserta STIMTI yang diutamakan kepada angkatan termuda HMTI yaitu Teknik Industri angkatan 2012 dan 2013 berjumlah 65 orang termasuk dosen pendamping berkumpul di GOR 27 September Universitas Mulawarman pada pukul 08.00 WITA dan sampai di kota Balikpapan tepatnya di Hotel Mega Lestari tempat menginap rombongan  pukul 11.50 WITA. Peserta sesampainya di Hotel tempat menginap beristirahat, sholat dan makan siang sejenak sembari menikmati fasilitas yang diberikan oleh pihak Hotel Mega Lestari. Nah tiba saatnya untuk berkunjung ke Kaltim Post, para rombongan STIMTI bersiap untuk berangkat dengan menggunakan PDH kebanggaan HMTI Unmul, tepatnya pada pukul 19.00 WITA bus Tour & Travel yang mengangkut para rombongan berangkat dan sampai di Gedung biru Kaltim Post pada pukul 19.30 wita. Sesampainya di Kaltim Post rombongan STIMTI disambut dengan hangat. Kantor pusat Kaltim Post terdiri dari lima lantai, lantai 1 sebagai ruang percetakan dan lantai 2, 3 dan 4 memiliki fungsi segala aktivitas mulai dari pengecekan, proes editing, ruang redaksi dan jurnalistik. Di lantai 5 terdapat ruang penayangan BTV (Balikpapan TV). Disini kami mendapat pengetahuan mengenai Sitem Kerja dari Kaltim Post dimana kami dapat melihat proses mesin produksi Koran Kaltim Post, proses percetakan dilakukan dimalam hari dengan menghasilkan 64.800 eksemplar setiap harinya. Sedangkan pada pagi hari hingga siang hari wartawan mencari berita kemudian diberikan  kepada editor untuk mengedit laman berita tersebut.  Disini rombongan STIMTI dapat mengambil pelajaran dari ilmu industri dari input yang ada berupa berita yang diperoleh wartawan kemudian diproses oleh bagian editing kemudian masuk keproses percetakan dan keluarlah output berupa terbitan koran Kaltim Post yang berisi informasi setiap harinya yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Pada pukul 22.30 WITA kunjungan ke Kaltim Post dan BTV seleai dan rombongan STIMTI kemudian Kembali ke Hotel Mega Lestari untuk beristirahat.


Pada hari selasa 18 Februari 2014 pukul 07.00 WITA rombongan STIMTI berkumpul brefing sebelum berangkat ke PT. Pertamina. Sampai kira-kira pukul 08.50 WITA sampai di PT. Pertamina sebelum masuk ke area pabrik rombongan STIMTI mendapat arahan dan materi mengenai aspek keselamatan dan keamanan kerja dalam pabrik, selain itu rombongan diberikan kuliah umum mengenai materi Teknik Industri yang sesuai dengan kondisi PT. Pertamina. Setelah itu kami diperlihatkan miniatur dari pabrik PT. Pertamina. Setelah puas melihat dan presentasi mengenai kondisi PT. Pertamina melalui miniatur pabrik yang diperlihatkan rombongan STIMTI  berkesempatan untuk  berkeliling langsung melihat bentuk asli dari Pabrik PT. Pertamina. Banyak sekali manfaat dan pengetahuan yang bisa di ambil oleh rombongan STIMTI kali ini mengenai apa yang ada di dalam PT. Pertamina yang termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


Setelah puas berkunjung ke PT. Pertamina pada pukul 14.00 rombongan STIMTI langsung pulang kembali ke Samarinda dan sampai pada pukul 17.30 di Universitas Tercinta “Universitas Mulawarman”. Sebelum Pulang kerumah masing-masing rombongan STIMTI melakukan brefing yang dipimpin Oleh Ketua Panitia STIMTI tahun 2014 saudara Deo Fahredy Teknik Industri Angkatan 2012. Ketua Panitia mengingatkan kembali kepada rombongan STIMTI untuk membuat Resume kegiatan STIMTI tahun 2014 dan selanjutnya memanjatkan doa dan puji syukur atas lancarnya kegiatan STIMTI tahun 2014. Nahh demikian rangakaian kegiatan STIMTI 2014 yang bisa kami paparkan secara singkat.. Trimakasih atas segalanya sampai jumpa di STIMTI tahun depan.. Salam UNITY.. We can't say UNITY without you… Assalamuallaikum WR.WB.

Kantor Redaksi Kaltim Post

Ruang Broadcast Balikpapan TV

Ruang Percetakan Koran Kaltim Post

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Pages